Rabu, 27 Juli 2016

TIM

Ada pepatah "Sebuah tim yang terdiri dari individu individu yang cerdik... tidak lebih baik dari tim cerdik yang terdiri dari individu individu".
Inilah realitanya. Kemampuan (kompetensi) setiap orang di dalam tim pasti berbeda. Apakah itu perbedaan dari aspek sikap, perilaku kerja, atau karakter dari setiap individu itu sendiri. Dari perbedaan inilah yang sering dirasakan dalam sebuah organisasi menjadi hambatan / kendala untuk membangun Soliditas tim apalagi menjadi tim yang "Efektif"
Ibarat sebuah taman yang indah. Terdiri dari berbagai Bunga dan pohon dengan  bentuk ukuran warna dan jenis yang berbeda. setiap bunga memberikan warna tersendiri bagi taman, itulah harapannya. Tim / organisasi kita seperti indahnya taman. Banyak nilai-nilai kebaikan yang kita dapatkan di dalamnya
Perbedaan yang bisa di kelola mendatangkan rahmat dan keberkahan, tetapi jika tidak bisa dikelola mendatangkan laknat, permusuhan, persaingan bahkan kehancuran
Untuk itu setiap anggota di dalam tim harus saling mengisi dan melengkapi. Setiap orang merasa penting di dalam tim.
Nah sekarang pertanyaannya  adalah :
~ Apakah suasana tim / organisasi kita sudah seperti taman??
~ Sudah kompak kah  tim kita?
~ Apakah mudah membentuk tim yang solid?
~ Sudah mengenal lebih dekatkah rekan kerja kita?
~ Sudah efektifkah tim anda saat ini ??
Setiap organisasi / lembaga memiliki visi dan misi serta  goals atau tujuan yang ingin di capai.  Kemampuan setiap anggota didalam menjalankan tugas dan fungsinya sangat di butuhkan. Akan tetapi Perpadauan antara kemampuan tiap orang (kompetensi) dengan hubungan interaksi antar mereka adalah sangat penting. 
Kemampuan setiap orang memang perlu, tapi tanpa kesatuan langkah diantara mereka sangat sulit untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Maka dari itu mari kita telaah sedikit tentang definisI dan makna tim.
Adapun makna tim adalah kumpulan 2 orang atau lebih yang memiliki :
  1. Pemimpin dan yang dipimpin
  2. Tujuan bersama
  3. Norma / aturan yang mengikat
  4. Ikatan yang kuat
  5. Program / kegiatan yang dilaksanakan bersama
Ada beberapa kendala yang harus kita sadari sering terjadi didalam tim yang terkadang menyebab terjadinya perpecahan
  1. Memiliki visi dan cara pandangan yang berbeda
  2. Interest / keinginan yang berbeda Tidak siap melihat realitas perbedaan
  3. Tidak mudah adaptasi baik antar personal maupun dengan sistem yang baru
  4. Keterbukaan belum muncul
  5. Sifat pribadi yang buruk ( egois, pelit iri dll)
  6. Terburu – buru tanpa perhitungan
  7. Tidak ada Komunikasi yang baik
  8. Mau menonjolkan diri
  9. Tidak mau menerima kelebihan orang lain
  10. Tidak percaya sesame rekan kerja
Ada beberapa Syarat tim menjadi solid dan langgeng :
  • Terbangun Semangat Kerja / Amal seluruh anggota TIM 
  • Terbangun Sikap saling mempercayai sesama anggota Tim 
  • Terbangun ikatan hati diantara sesama anggot TIM
  • Seluruh Anggota TIM berkontribusi sesuai dengan kemampuannya masing - masing
Syarat tim menjadi lebih efektif
  1. Walau ada keragaman keanggotaan tim namun dengan suatu tujuan bersama
  2. Tujuan yang berorientasi pada  tantangan
  3. Keterlibatan aktif para anggota tim,
  4. Uraian peran dan koordinasi anggota tim yang jelas
  5. Komunikasi yang baik
  6. Kepemimpinan tim yang handal. 
Semoga tim dan organisasi yang kita jalani saat ini dapat menjalankan nilai nilai diatas dengan menghasilkan tim yang solid dan efektif  sehingga tujuan organisasi dapat tercapai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar